Smartfren Siap Hadapi Trafik Internet Saat Pergantian Tahun

Smartfren siap mengantisipasi lonjakan penggunaan data internet saat momentum pergantian tahun baru 2022 ke 2023.


“Selain antisipasi untuk perayaan hari besar, Smartfren juga secara konsisten dan rutin melakukan optimasi jaringan sehingga pelanggan dapat semakin nyaman menikmati layanan internet untuk membuka berbagai peluang digital,” ungkap VP Network Operations Smartfren, Agus Rohmat, dalam siaran rilisnya, Jumat (30/12).

Menurut dia, peningkatan trafik internet terjadi selaras dengan prediksi dan antisipasi yang telah disiapkan. Alhasil, seluruh pelanggan Smartfren bisa tetap menikmati layanan internet secara optimal.

“Peningkatan trafik internet Smartfren mengalami lonjakan sekitar 4%, dibandingkan pada traffic internet harian,” kata dia.

Smartfren, lanjut dia, juga mencatat sejumlah aktivitas digital semakin meningkat dan berkontribusi pada lonjakan trafik internet yang terjadi di momen perayaan Natal tahun ini.

“Kontribusi terbesar dalam kenaikan traffic tersebut adalah meningkatnya akses media sosial seperti TikTok, YouTube, Facebook dan WhatsApp yang bervariasi antara 5% hingga 10%,” terang dia.

Dia melanjutkan, usai Hari Raya Natal 2022 kesiapan jaringan tersebut dijaga secara terus-menerus untuk mengantisipasi potensi terjadinya lonjakan trafik ketika perayaan Tahun Baru 2023. Mengingat potensi terjadinya titik keramaian di berbagai objek wisata di Jabodetabek, maupun kota-kota lainnya.

“Kami telah siapkan teknologi mutakhir yang secara fleksibel dapat mengelola kapasitas dan jaringan yang dibutuhkan di satu titik ketika terjadi lonjakan akses internet,” terang Agus.

Selain itu, tukas dia, Smartfren juga senantiasa menyiagakan Network Operations Center (NOC) dan tim khusus yang memantau kondisi jaringan selama 24 jam.