1250 Pelajar SMK Harapan Mulya Kibarkan Merah Putih Raksasa

Berbagai cara dilakukan untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 73. Salah satunya yang dilakukan SMK Harapan Mulya, Kendal, Jumat (17/8).


Dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI, SMK Harapan Mulya melakukan pengibaran bendera merah putih berukuran besar yakni 600 meter persegi.

Bendera Merah Putih berukuran besar ini memiliki ukuran panjang 100 meter dengan lebar 6 meter. Sebanyak 1250 pelajar dari SMK Harapan Mulya dikerahkan untuk mengibarkan bendera Merah Putih tersebut.

Pengibaran bendera Merah Putih ini dilakukan diawal upacara. Bendera terpanjang ini dikibarkan hingga menutupi gedung sekolah. Tidak mudah untuk memasang bendera ini karena ukurannya yang tidak lazim.  

Targetnya, bendera ini sudah selesai dikibarkan sebelum detik-detik Proklamasi. Selain untuk mempercantik sekolah dalam memperingati HUT Kemerdekaan, bendera ini juga merupakan simbol persatuan dan kesatuan antar pelajar serta menanamkan rasa cinta tanah air di kalangan pelajar dan generasi muda.

Siswi kelas 11 SMK Harapan Mulya, Nafia Septiana mengatakan, bendera Merah Putih dijahit oleh jurusan tata busana dalam waktu dua minggu.  

"Bendera dijahit oleh 36 siswi jurusan tata busana secara bergiliran dalam waktu dua minggu.  Tingkat kesulitannya karena panjang kainnya itu. Tapi sekarang rasa lelah kami terbayar dan kami bangga bisa bikin bendera dengan ukuran besar, " katanya.

Sementara itu Wakil Kepala Sekolah SMK Harapan Mulya bidang kesiswaan, Zaenal Mustofa Msi,  menjelaskan, jika ide pembuatan bendera dengan ukuran besar tersebut dari siswa-siswinya.  

Zaenal menambahkan pembuatan dan pengibaran bendera ukuran besar ini bisa menjadi motivasi pelajar SMK Harapan Mulya untuk lebih berprestasi.

"Pembuatan dan pengibaran bendera besar ini di sekolah boleh dibilang baru satu-satunya di Kendal dan bahkan di Jawa Tengah. Jadi sekali lagi ini prestasi luar biasa buat anak didik kami, " tambahnya.