Catat! Ini Jadwal KAI Yang Tidak Beroperasi Selama PPKM Darurat

Pada masa PPKM Darurat, KAI melakukan penyesuaian jumlah operasional Kereta Api. Hal ini ditujukan untuk mengoptimalkan pembatasan kegiatan masyarakat melalui pengurangan perjalanan Kereta Api di berbagai wilayah.


Berikut daftar KA Jarak Jauh yang Dibatalkan Perjalanannya Periode 3-20 Juli pada Lintas Utara Daop 4 Semarang

1. Argo Sindoro

Gambir - Semarang Tawang PP

2. Argo Muria

Gambir - Semarang Tawang PP

3. Argo Cirebon

Gambir - Cirebon, Gambir - Tegal PP

4. Brawijaya

Gambir - Malang PP

5. Gumarang

Pasarsenen - Surabaya Pasarturi PP

6. Kamandaka

Purwokerto - Semarang Tawang PP

7. Joglosemarkerto

Purwokerto - Solo Balapan PP, Solo Balapan - Purwokerto - Tegal - Semarang Tawang - Solo Balapan

8. Kaligung

Cirebon Prujakan - Semarang Poncol PP, Tegal - Semarang Poncol PP, Brebes - Semarang Poncol PP

9. Kertajaya

Pasarsenen - Surabaya Pasarturi PP

10. Matarmaja

Pasarsenen - Malang PP

Daftar KA Lokal yang dibatalkan Perjalanannya periode 3-20 Juli

1. Ekonomi Lokal

Cepu - Surabaya Pasarturi PP, Surabaya Kota - Kertosono, Surabaya Pasarturi - Bojonegoro PP

2. Kedung Sepur

Semarang Poncol - Ngrombo PP

"Untuk mengetahui KA yang masih beroperasi pada masa PPKM Darurat, pelanggan dapat mengeceknya melalui aplikasi KAI Access, web KAI, dan channel resmi penjualan tiket KAI lainnya," kata Manager Humas KAI Daop 4 Semaramg, Krisbiantoro, Sabtu (3/7).

Sedangkan bagi calon pelanggan yang telah membeli tiket namun perjalanan KA-nya dibatalkan, bea tiket akan dikembalikan 100%. Proses pembatalan dapat dilakukan sampai dengan H+30 dari tanggal yang tertera pada tiket di seluruh stasiun yang melayani penjualan tiket atau Contact Center KAI melalui WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121.

"Masyarakat yang telah membeli tiket tersebut juga akan dihubungi oleh Contact Center 121 terkait proses pembatalan tiketnya," bebernya.

Agar tercipta physical distancing, KAI hanya menjual tiket sebanyak 70% dari kapasitas maksimal tempat duduk untuk KA Jarak Jauh dan 50% untuk KA Lokal. Pelanggan juga tetap wajib mematuhi protokol kesehatan serta menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak baik saat berada di stasiun maupun selama dalam perjalanan.

Info selengkapnya terkait perjalanan Kereta Api di masa PPKM Darurat, masyarakat dapat menghubungi Customer Service Stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email [email protected], dan media sosial KAI121.

"KAI mendukung penuh semua langkah yang diambil pemerintah dalam rangka menghentikan penyebaran Covid-19 di Indonesia." pungkasnya.