DPRD Jateng Permudah Akses Masyarakat Sampaikan Aspirasi 

Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman/RMOLJateng
Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman/RMOLJateng

DPRD Jawa Tengah terus membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya dengan pemanfaatan teknologi informasi.


Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng, Sukirman, mengatakan bahwa sudah selayaknya pintu informasi dan komunikasi terbuka lebar bagi masyarakat.

Apalagi masyarakat yang ingin mengetahui sekaligus memahami situasi dan kondisi pembangunan daerah di tengah pandemi Covid-19.

"Tentu, kita harus saling mendukung dan bersatu padu yakni dengan memberikan kemudahan bagi masyarakat. Tujuannya agar masyarakat pun bisa memanfaatkan segala akses yang terbuka lebar, baik akses informasi maupun akses komunikasi,” kata Sukirman, Senin (19/7).

Sukirman menambahkan bahwa anggota DPRD mempunyai fasilitas dan penugasan untuk turun langsung bertemu masyarakat. Namun, di tengah kondisi pandemi seperti ini, pertemuan secara bertatap muka memiliki resiko penularan Covid-19.

"Sehingga akses informasi dan aspirasi ini bisa sebagai wadah pertemuan antara masyarakat dan dewan melalui teknologi," tambahnya.

Sukirman menjelaskan, beragam cara akses informasi dan komunikasi dibuka DPRD. Tidak hanya media formal melalui surat menyurat tapi juga media sosial. 

Kata dia, DPRD juga mempunyai ruang publik untuk menggelar dialog dengan Zoom Meeting. Termasuk, media sosial, selain kontak pribadi. Selain itu, masyarakat juga dipersilahkan untuk meminta langsung nomor HP  pribadi milik Anggota DPRD. 

"Dengan cara seperti itu, kami harap akses komunikasi tidak lagi menjadi masalah yang tersumbat dan berlarut-larut. Karena, komunikasi itu adalah kunci mengatasi semua persoalan,” ujarnya.