Kota Solo mengikuti kompetisi Lomba Video Kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) antar Dinas Pariwisata daerah se-Indonesia melalui program Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI).
- Jelang Ramadhan Dan Ingin Healing, Kebun Raya Gunung Tidar Dibanjiri Pengunjung
- Pencana Pemprov Jawa Tengah Buka Lagi Penerbangan Ke Karimunjawa
- Creative Economy Expo Semarang 2022 Bakal Hadirkan Air Supply
Baca Juga
Program ini telah digelar pada bulan Maret sampai Juni lalu. Dalam rangka pemenuhan target pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 1,2 – 1,4 milyar perjalanan pada tahun 2023.
Lomba Video Kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) ini diikuti hampir dari 38 Dinas Pariwisata provinsi dan 514 Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota di Indonesia.
Dimana masing-masing pemerintah daerah minimal mengirimkan video yang berdurasi 1 menit untuk mempromosikan destinasi wisata masing-masing daerah. Video tersebut juga di unggah melalui channel youtube masing-masing di setiap bulannya.
Kota Solo telah berpartipasi mengirimkan video kreatif BBWI dengan kategori destinasi wisata pada bulan Maret, kategori event daerah pada Bulan April, kategori seni dan budaya pada bulan Mei, dan ketagori kuliner pada bulan Juni.
Dari keempat kategori tersebut, Kota Solo berhasil meraih 3 penghargaan sekaligus pada kategori destinasi wisata, seni budaya dan kuliner.
Penghargaan diberikan dalam Malam Puncak Penghargaan Lomba Video Kreatif BBWIdi Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona pada tanggal 17 Juli 2023 kemarin.
Penyerahan penghargaan diserahkan oleh Sandiaga S. Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.
Menurutnya program ini juga merupakan langkah awal dan diharapkan pemerintah daerah ke depannya dapat membentuk tim kreatif pemasaran pariwisata (Tiki Peta).
"Beranggotakan anak muda kreatif termasuk di dalamnya fotografer, videografer, desainer grafis, dan pengelola media sosial," jelasnya dalam rilis tertulisnya.
Agar mereka untuk terus berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi dalam bidang pemasaran pariwisata, khususnya melalui pemasaran secara digital.
- Pedagang Rod As Kadilangu Serbu Jepara Dan Berkolaborasi Emas Dengan Dinparta Demak
- Bangkitkan Pariwisata, Demak Geliatkan Lagi Festival Jajanan Tradisional
- Nikmatnya Nasi Liwet Stroberi dengan Nuansa Hijaunya Gunung Lawu