Hilang di Bus, Curhat di X, Laptop Freelancer Akhirnya Kembali

PO Rosalia Indah Minta Maaf
Ilustrasi
Ilustrasi

Viral di media sosial X, laptop milik seorang freelancer bernama Rizqi Prasetia yang hilang saat dirinya naik bus Rosalia Indah di Solo, akhirnya kembali.

Namun, 'jalan pulang' laptop merek HP Envy ke pangkuan pemiliknya tidak mudah. Ada banyak jalan berliku yang harus ditempuh Rizqi untuk mendapatkan kembali barang berharga miliknya itu.

Sebagai seorang influencer, laptop adalah alat utama untuk mengais rejeki. Selain melaporkan kepada pihak berwajib dan managemen bis Rosalia Indah yang ditumpangi, yang bersangkutan juga melakukan upaya untuk mentracking keberadaan laptopnya.

Usahanya membuahkan hasil, seminggu berselang dia mendapati laptop merek HP Envy berada di lapak marketplace, facebook. Setelah meneliti spesifikasi dan ciri-ciri yang terlihat, Rizqi yakin barang tersebut miliknya. 

Setelah berhasil menghubungi penjual, dia meminta batuan saudaranya untuk melakukan pengecekan di pusat penjualan laptop di Solo. 

Walhasil, serial number (nomor seri) dari laptop tersebut sama persis dengan laptop yang sedang dicarinya. “Saat dicek ternyata benar serial laptop saya. Ya kondisi laptop masih hidup dan masih sesuai, cuma udah di reset Windows. Ini mau mengembalikan data-datanya," ucap Rizqi.

Namun demikian, Rizqi tetap harus membeli kembali laptopnya sendiri. Awalnya penjual mematok harga Rp.6juta. Setelah ditunjukkan beberapa berita viral hilangnya laptop tersebut, penjual mulai goyah dengan menurunkan penawaran Rp. 5 juta seperti saat di membelinya. Dan akhirnya deal di harga Rp.2.5 juta.

Diketahui, akun X bernama @prasetia495 curhat kehilangan laptopnya saat berada di perjalanan. Dia tak menyangka barang berharga yang disimpan di dalam tas tersebut lenyap dan 'berubah' menjadi buku catatan!.

Menyikapi hal ini, Public Relation Rosalia Indah Transport, Yofie Aganovic menyatakan permohonan maaf. 

,”Kami mohon maaf dan turut prihatin atas kejadian yang menimpa bapak saat perjalanan. Terima kasih atas laporan yang diberikan ke kami melalui nomor contact center. Selanjutnya, tim kami akan menghubungi bapak melalui jalur pribadi untuk pengecekan dan mendiskusikan langkah selanjutnya," ujarnya.

Bagi PO Rosalia Indah sendiri, kejadian ini bukan yang pertama kalinya terjadi. Kasus serupa pernah juga terjadi pada tahun 2023 lalu. 

Hal ini dapat dilihat dari press conference yang dirilis oleh PT Rosalia Indah di akun resminya Rosalia Indah Official. @Rosalia_Ind. Dec 20, 2023.