Jalan Baru Proyek Flyover Canguk Siap Difungsikan Untuk Arus Mudik dan Balik

Jalan baru yang disiapkan untuk menampung arus kendaraan dari arah Salatiga ke Kota Magelang dan sebaliknya. Tri Budi Hartoyo/RMOLJateng
Jalan baru yang disiapkan untuk menampung arus kendaraan dari arah Salatiga ke Kota Magelang dan sebaliknya. Tri Budi Hartoyo/RMOLJateng

Flyover dan Semi Underpass Canguk, Kota Magelang, dipastikan menjadi salah satu titik dengan kepadatan tinggi arus mudik dan arus balik selama masa Lebaran 2024 nanti.


Guna mengurai kemacetan arus lalu lintas yang mungkin terjadi sini, kini telah disiapkan solusinya. Membuka jalan baru di sisi Selatan menampung arus kendaraan arus mudik dan arus balik.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jateng-DIY, Jutika Aditya Nugraha, mengatakan, pembuatan jalan baru sepanjang 200-an meter itu tengah dikebut.

Lantai kerja atau bagian dasar badan jalan dari arah Jembatan Elo hingga Kantor Samsat sudah selesai dibuat. Bahkan sebagian telah ditumpangi cor rigid beton setebal 30 sentimeter dari bagian Timur.

Dijadwalkan, kata Jutika, pengecoran seluruh badan jalan baru itu selesai paling lambat H-6 Lebaran. Selanjutnya difungsikan untuk dilewati kendaraan besar maupun kecil.

"Terutama bagi kendaraan yang datang dari arah Salatiga ke Kota Magelang maupun arus kendaraan yang meluncur dari arah sebaliknya," katanya, Sabtu (23/3).

Sementara itu, keberadaan jalan utama hanya akan digunakan untuk kendaraan dari arah Semarang ke Yogyakarta dan sebaliknya.

Untuk ketahui, flyover Canguk dibangun dengan panjang total 781.298 meter. Di sini akan ada 4 rute perjalanan arus lalu lintas kendaraan.

Arus kendaraan dari arah Salatiga masuk ke dalam Kota Magelang lewat Jalan Telaga Warna bisa melalui jalur Underpass. Begitu juga akan meluncur ke arah Semarang.

Sedangkan kendaraan yang melaju dari arah Yogyakarta menuju Semarang atau sebaliknya akan melintas di flyover.

Pembuatan flyover dan seni ubderpass Canguk dibiayai dengan dana APBN senilai Rp 103 miliar. Proyek ini juga membangun Semi Underpas dengan bentangan 16 meter dengan pelebarab jalan utama di satu jalurnya 3,5 x 2 meter mencakup tambahan bahu jalan luar dan bahu jalan dalam.