Kereta Batara Kresna, Transportasi  Murah Anti Macet Dari Solo-Wonogiri PP

Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Tengah (BTP Jabagteng)bersama dengan PT. KAI Daop 6, komunitas pecinta kereta api dan media gelar Sosialisasi KA Perintis Batara Kresna di Stasiun Purwosari. 


Batara Kresna adalah layanan railbus milik PT Kereta Api Indonesia Persero  Daop 6 Yogyakarta  yang beroperasi di rute Solo Purwosari-Wonogiri pulang pergi (PP).

Kereta yang memiliki rangkaian 3 stamformasi menempuh jarak Solo-Wonogiri (37 km) dalam waktu 1 jam 45 menit. Terjadwal 4 perjalanan KA/hari dengan tarif Rp 4.000,00. 

 KA Batara Kresna merupakan salah satu fokus kerja Kemenhub melalui BTP Jabagteng dalam penyelenggaraan angkutan KA Perintis sejak tahun 2015. 

Eksistensi KA Batara Kresna menjamin keberlangsungan pelayanan angkutan kereta api dan menjadi angkutan umum massal alternatif bagi masyarakat khususnya di lintas Solo-Wonogiri. 

Abdurrohman, PPK KA Perintis BTP Jabagteng sebut di tahun 2022 ini tercatat tingkat keterisian KA Batara Kresna sebesar 44,33% dengan total penumpang sejumlah 63.070. 

"Untuk meningkatkan pelayanan, BTP Jabagteng pada tahun 2023 merencanakan peningkatan jalur KA berupa penggantian rel R.42 (sebagian R.33) bantalan besi menjadi rel R.54 bantalan beton agar kecepatan operasional KA Batara Kresna makin optimal," paparnya kepada awak media, Selasa (28/11). 

Setelah peningkatan prasarana, jika kecepatan operasional KA Batara Kresna menjadi 40-60km/jam, waktu tempuhnya dapat dipangkas hingga 30 menit, dari 1 jam 45 menit menjadi 1 jam 15 menit. 

"Transportasi ini  Batara Kresna pun menjadi solusi yang murah dan anti macet bagi masyarakat yang berdomisili di wilayah Solo, Sukoharjo dan Wonogiri," imbuhnya. 

Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo sebut  tiket KA Batara Kresna juga sangat terjangkau bahkan bisa dibilang relatif murah yaitu hanya Rp 4.000.

Uniknya jalur railbus ini melintasi Jalan Slamet Riyadi yang membelah kota Solo. Untuk diketahui, Solo merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki jalur kereta aktif dan bersebelahan (menyatu) dengan jalan raya.

Dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Solo Kota, Batara Kresna akan berjalan bersisian di Jalan Raya Slamet Riyadi menunjukkan kepada penumpang pemandangan ramainya Kota Solo.

"Ini satu-satunya di Indonesia yang relnya bersisian dengan jalan raya," imbuhnya. 

Selain itu point plusnya adalah para penumpang juga dapat menikmati tiap pemandangan menarik, dimana penumpang melewati kawasan Sriwedari, melewati rumah dinas Walikota Solo Loji Gandrung bangunan era kolonial. Kemudian melewati musium tertua di Indonesia, yakni Musium Radya Pustaka juga pusat perkonomian di kota Solo. 

Cara membeli tiket KA Batara Kresna juga mudah. Masyarakat bisa langsung membelinya hari itu juga melalui KAI Access atau secara langsung di loket stasiun sesuai dengan jam buka loket.

“Tak perlu antri, tiket bisa dibeli secara online melalui aplikasi KAI Access. Cukup dari rumah, di pesan pada hari keberangkatan, ” pungkasnya. 

Dalam sehari terdapat 4 perjalanan KA Batara Kresna, dua kali keberangkatan dari Stasiun Purwosari dan dua kali keberangkatan dari Stasiun Wonogiri.