Manager Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cilacap, Bramantyo Anggun Pambudi menjelaskan, di usianya yang ke – 76 di tengah pandemi Covid-19, PLN banyak menghadapi tantangan.
- Sri Mulyani Terima Penghargaan Parasamsya Anugraha Dharma Bhakti Upa Bhaksana dari UNS
- Menaker Minta Perusahaan Esensial Perketat Waktu Kerja
- Pro-Kontra Dukungan Marak di Instagram Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono
Baca Juga
Akan tetapi PLN berupaya menghadapi tantangan tersebut dengan karakternya, yakni loyal, berdedikasi, dan penuh pengorbanan kepada konsumen dan seluruh stakeholder.
"Hal itu menjelma menjadi aspirasi untuk bertransformasi menjadi perusahaan listrik terkemuka di Asia tenggara dan nomor satu pilihan pelanggan untuk solusi energi,” kata Bramantyo pada acara Multi Stakeholder Forum 2021 di Pendopo Wijayakusuma Cakti, Rabu (8/12/2021).
Dikatakan Bramantyo, hingga saat ini kecukupan daya PT PLN Persero untuk Jateng – DIY sangat memadai. Dari 7.000 megawatt (MW) yang tersedia, saat ini PLN masih memiliki cadangan sekitar 2.300 MW.
Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Cilacap pada Sub Sistem Kesugihan, masih terdapat cadangan reserve margin 224,54 MW pada siang hari, dan 171,9 MW pada malam hari.
"Ini setara kalau Pertamina menggunakan sekitar 60 – 100 MW, kami masih bisa bangun 2 – 3 kilang lagi di Cilacap. Kalaupun diidentikkan dengan perusahaan skala kecil menengah dengan kebutuhan 1 MW, ada 200 perusahaan yang bisa dibangun di wilayah UP3 Cilacap,” katanya.
Sementara itu, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman meminta PT. PLN (Persero) melalui UP3 Cilacap terus meningkatkan kualitas layanan. PLN diminta senantiasa memastikan keamanan dan keandalan listrik dalam jaringan transmisi.
"Berbicara teori pelayanan sebenarnya sederhana, asal yang dilayani merasa puas,” kata Wabup Syamsul.
Dikatakan Syamsul, banyak pendekatan yang bisa dijadikan tolak ukur kepuasan masyarakat. Salah satunya dengan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) baik oleh tim survei independen maupun internal.
Namun menurut Wabup, terkadang kinerja suatu unit pelayanan cenderung menurun saat tidak berada di fase penilaian.
“Ada tolak ukur sederhana yaitu ketika tidak ada keluhan masyarakat di media sosial terkait layanan PLN UP3 Cilacap berarti pelayanannya baik. Ketika ada informasi perbaikan, gangguan, dan yang lain masyarakat harus segera tahu,” tegas Wabup.
- Bangsa Pembelajar dan Berakhlak Mampu Menjawab Tantangan Masa Depan
- Blusukan Ke Bandung, Kapolri Minta Maaf Ke Warga Akibat PPKM Darurat
- MPR RI : Tren Penurunan Kasus Covid-19 Berlanjut, Tingkatkan Kewaspadaan di Pintu Masuk Negara