Trafik Data Indosat Diperkirakan Naik 20 Persen Saat Libur Lebaran

Indosat Ooredoo Hutchison memperkirakan kenaikan trafik data internet sebesar 20 persen dibandingkan hari biasa selama libur Lebaran.


President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha mengatakan, peningkatan ini didorong oleh penggunaan aplikasi dan messaging berbasis video seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan WhatsApp.

“Kami memastikan telah siap mendukung tingginya kebutuhan telekomunikasi digital dengan layananmaksimal. Indosat menambahkan kapasitas data lebih dari 30% untuk lonjakan trafik data harian,” kata dia.

Indosat, kata Vikram, melakukan optimalisasi jaringan pada hampir 400 titik pusat keramaian di seluruh tanah air. Meliputi destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.

“Sebagai upaya mengantisipasi mobilitas pelanggan ke kampung halaman, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 9 jalur kereta, 17 jalan tol termasuk tol Jakarta-Surabaya, dan 30 jalan non-tol seperti Padang-Bukit Tinggi dan Banjarmasin-Martapura,” terang dia.

Menurut dia, berdasarkan pengalaman di masa Ramadhan dan Lebaran tahun sebelumnya mengantisipasi peningkatan lalu lintas data tertinggi meliputi area Jawa Barat, Banten, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Selanjutnya, Indosat telah mencapai 100% dalam mengintegrasikan jaringannya dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN) dilakukan di lebih dari 46 ribu sites di seluruh Indonesia.

“Kami akan terus berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Pengalaman digital pelanggan yang semakin baik akan membuka berbagai potensi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia di masa depan,” tukas Vikram.