Banjir Penghargaan, Bank Jateng Juga Raih Penghargaan Excellent Infobank

Selain meraih penghargaan Bank kategori terbaik majalah investor,  Bank Jateng kembali berjaya pada penghargaan tingkat nasional,sebagai bank yang berhasil meraih penghargaan excellent atau layanan istimewa terhadap pelanggan versi majalah Infobank di Jakarta, Kamis (27/6) malam.


Penghargaan diberikan oleh Majalah Infobank bekerjasama dengan Marketing Research Indonesia (MRI) sebagai bentuk apresiasi kepada bank-bank yang telah berhasil memberikan layanan terbaik kepada nasabahnya.

Ke-29 bank yang berhasil meraih penghargaan tersebut terdiri atas 4 bank BUMN, 8 bank swasta nasional, 5 BPD (Bank Pembangunan Daerah), 7 BUS (Bank Umum Syariah), dan 5 UUS (Unit Usaha Syariah) bank umum.

Penghargaan yang berhasil diraih oleh Bank Jateng yaitu

¹th Best Call Centre;

³rd Best Security; ³rd Best Teller;³rd Best Branch Telephone

⁴th Best Overall Performance

Kategori Regional Development Bank.

Ke-29 bank yang berhasil memberikan servis terbaik kepada nasabahnya itu, dalam pandangan Biro Riset Infobank, adalah bank-bank yang siap menghadapi shifting dari layanan konvensional ke digital. Bank-bank ini berhasil meningkatkan peran teknologi dalam menunjang keselarasan antara front stage dan back stage.

Tingkat layanan bank-bank nasional terhadap nasabah di Indonesia diketahui setelah dilakukan survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2019 oleh MRI bekerja sama dengan Biro Riset Infobank. Metode yang digunakan dalam survei adalah metode mystery shopping.

Survei BSEM tahun 2019 adalah survei tahun ke-23 yang dilakukan MRI sejak kali pertama dilakukan pada tahun 1996. Pada BSEM tahun ini, evaluasi layanan walk-in channel dilakukan di dua kota, yakni Jakarta dan Yogyakarta. Hal ini dilakukan karena adanya pergeseran pola transaksi dari cabang ke electronic banking dan tersedianya berbagai saluran digital yang lebih bervariasi.

Jakarta selalu dipertahankan karena penting bagi dunia perbankan. Sementara, Yogyakarta dipilih sebagai kota yang masyarakatnya telah dikenal bergairah dalam melakukan transformasi digital," ujar Ermina Yulianti, Managing Director MRI, saat memberikan sambutan.

Dalam riset ini, kata Ermina, evaluasi layanan bank lebih dititikberatkan pada pengamatan processes atau operation dari setiap transaksi pada semua touch point di masing-masing saluran layanan.

Pengamatan ini memberikan potret proses internal dan dukungan back office, serta alignment antara SDM, business strategy, dan business process setiap bank dalam menciptakan excellence customer experience," tutup Ermina Yulianti.

Secara terpisah Direktur Utama Bank Jateng Bapak Supriyatno, menyampaikan Selamat untuk seluruh keluarga besar Bank Jateng. Semoga penghargaan ini semakin menambah semangat Bank Jateng dalam meningkatkan pelayanan kepada para nasabah.