- Ponpes Libatkan 20 UMKM Dalam Momentum Harlah Kawit An Nur
- Aneka Perlombaan Warnai Dalam Festival Durian Di Jatinegara, Catat Tanggalnya!
- Event Kacau, Berbagai Pihak Meminta Kasus SEC Diusut Tuntas
Baca Juga
Semarang - Suasana Car Free Day (CFD) di Simpang Lima Semarang menjadi lebih semarak dengan diadakannya kampanye kuliner bertajuk Icip-Icip Samiroso, Minggu (01/12).
Kampanye ini berlangsung dari pukul 06.00 hingga 09.00 pagi, dan menarik perhatian para pengunjung CFD dengan aktivitas mencicipi produk olahan boga bahari (seafood) yang lezat dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Seafood Samiroso. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.
Kampanye ini menghadirkan aktivitas icip-icip makanan (free sampling), di mana para peserta dapat mencicipi produk olahan dari Seafood Samiroso, seperti olahan kerang ijo, udang, dan jagung manis dengan bumbu saus padang.
Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan ajakan kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif dengan berfoto menggunakan template bingkai foto yang telah disediakan. Foto-foto tersebut kemudian diunggah di Instagram dengan sebut akun Instagram Seafood Samiroso dalam unggahannya, sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM lokal.
Kegiatan ini digagas oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang Semester 5, yang ikut mata kuliah Manajemen Hubungan Masyarakat yang diampu oleh Gita Aprinta. Dengan melibatkan delapan anggota tim, kampanye Icip-Icip Samiroso ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan merek (brand awareness) UMKM Seafood Samiroso sekaligus memperkenalkan produk boga bahari berkualitas kepada masyarakat luas melalui cara yang interaktif dan menyenangkan.
Meningkatkan brand awareness merupakan salah satu langkah penting dalam memajukan sebuah merek. Kesadaran masyarakat terhadap keberadaan suatu produk dapat memperkuat posisi merek di pasar dan memengaruhi keputusan pembelian. Kampanye Icip-Icip Samiroso implementasikan strategi ini melalui kegiatan mengicipi panganan dan interaksi langsung dengan masyarakat.
Antusiasme masyarakat terhadap kegiatan ini terlihat dari jumlah pengunjung yang terus berdatangan ke stan. Salah satu peserta, Aisy (20), mengungkapkan kegembiraannya, “Saya suka olahan seafood, dan acara ini membuat saya mengenal UMKM lokal yang produknya enak. Ide bingkai foto ini juga kreatif.”
Icip-Icip Samiroso tidak hanya memberikan pengalaman mencicipi makanan, tetapi juga menjadi ajang untuk mengkomunikasikan merek yang efektif dengan melibatkan interaksi langsung bersama masyarakat. Melalui kampanye kreatif seperti ini, CFD Simpang Lima tidak hanya menjadi tempat olahraga dan rekreasi, tetapi juga ruang untuk mendukung UMKM lokal dan memperkuat keterlibatan masyarakat dalam memajukan ekonomi kreatif.
- Proyek APBD TA 2024 Banjarnegara Akhirnya Rampung, Berikut Besaran Nominalnya
- Pelatihan Ekspor Bagi UMKM Karanganyar Agar Produk Lokal Tembus Pasar Ekspor
- Ditpolair Polda Jateng Patroli Laut Di Sekitar Proyek Pembangunan Tol Semarang-Demak