Ketepatan Waktu (OTP) Kereta Api, Masih Jadi Prioritas Masyarakat

Suasana penimpang KA di wilayah Daop IV Semarang. Dok KAI
Suasana penimpang KA di wilayah Daop IV Semarang. Dok KAI

Ketepatan waktu Kereta Api (KA) dalam mobilitasnya menjadi pilihan masyarakat dalam menempuh perjalanan. Terbukti penumpang KA alami peningkatan penumpang jelang arus mudik hingga balik.


Ketepatan waktu performa KAI Daop 4 Semarang cukup membanggakan dengan On Time Performance (OTP) keberangkatan mencapai 99,34%, dan OTP kedatangan mencapai 96,40%.

Tercatat selama periode Lebaran Tahun 2025, KAI Daop 4 Semarang melayani sebanyak 1.094.918 penumpang, atau rata-rata 49.769 penumpang per hari. Hal itu sebagai bukti kereta api masih diminati masyarakat.

Rinciannya, sebanyak 535.366 penumpang diberangkatkan dari stasiun-stasiun di wilayah Daop 4 Semarang dan dan sebanyak 559.552 penumpang tiba di wilayah Daop 4 Semarang. 

"Puncak arus kedatangan terjadi pada Rabu, 2 April 2025 (H+1) dengan jumlah penumpang yang tiba sebanyak 32.270 orang. Sementara puncak keberangkatan tercatat pada Kamis, 3 April 2025 (H+2) dengan 33.167 penumpang diberangkatkan dari wilayah Daop 4," jelas Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, Jumat (12/4) sore. 

Ia menjelaskan, relasi favorit selama masa mudik dan balik didominasi oleh tujuan Jakarta, disusul Surabaya dan Bandung. 

Sementara untuk rute jarak pendek seperti Semarang-Pekalongan-Tegal-Purwokerto PP serta Semarang-Grobogan-Blora PP juga menjadi pilihan utama para pemudik lokal.

Beberapa KA dengan jumlah penumpang tertinggi di wilayah Daop 4 Semarang antara lain, KA Kamandaka tujuan Purwokerto dengan 45.353 penumpang, KA Kaligung tujuan Tegal dan Brebes 44.516 penumpang, KA Ambarawa Ekspres tujuan Surabaya dengan 38.844 penumpang. 

Selain itu, KA Tawang Jaya tujuan Jakarta membawa 26.129 penumpang, KA Menoreh tujuan Jakarta sebanyak 23.960 penumpang, KA Argo Merbabu tujuan Jakarta 18.203 penumpang, dan KA Argo Sindoro tujuan Jakarta dengan 14.365 penumpang. 

Total 535.282 tiket disediakan selama periode ini, dengan tingkat penjualan mencapai 100%, dan diperkirakan masih akan terus meningkat hingga malam ini.

“Jika dibandingkan dengan masa Angkutan Lebaran 2024, terjadi kenaikan sebesar 4 persen, di mana pada tahun lalu tercatat melayani 1.046.435 penumpang,” ungkap Franoto.

Franoto menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada masyarakat yang telah mempercayakan perjalanan mudik dan baliknya kepada layanan kereta api.

“Kami menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan setia yang telah memilih moda transportasi kereta api sebagai sarana perjalanan selama masa angkutan Lebaran ini. Kepercayaan masyarakat adalah motivasi kami untuk terus berbenah dan memberikan layanan terbaik,” ujarnya.

KAI Daop 4 Semarang akan terus melakukan evaluasi menyeluruh pasca Angkutan Lebaran, demi peningkatan layanan di masa mendatang. 

“Setelah angkutan Lebaran ini, kami akan terus meningkatkan fasilitas baik di stasiun maupun di atas kereta, agar layanan KAI semakin prima dan menjadi pilihan utama masyarakat, tak hanya saat Lebaran, tapi juga untuk liburan dan perjalanan lainnya,” tutupnya.