Jelang libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) pastikan para pelanggan tetap merasakan layanan maksimal untuk berkomunikasi dan berselancar di media sosial.
- Solo Jadi Kota Pertama Roadshow Offline IDCamp
- AI Experience Center Pertama di Indonesia Diluncurkan di Solo
Baca Juga
Demi kepuasan pelanggan, Indosat telah mengoptimalkan jaringan di lebih dari 15.731 lokasi prioritas dan meningkatkan kapasitas di 415 titik strategis. Seperti tempat ibadah, bandara, stasiun kereta api, dan tempat wisata untuk memastikan pelanggan dapat menikmati jaringan yang stabil.
Tujuannya untuk mengantisipasi lonjakan trafik data yang diproyeksikan meningkat sekitar 16,58% dibandingkan dengan trafik rata-rata harian.
Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, pihaknya memastikan pelanggan tetap dapat menikmati layanan terbaik kapan saja dan dimana saja, terutama saat merayakan momen spesial bersama keluarga.
"Selama Nataru kami berkomitmen menghadirkan pengalaman digital terbaik dengan berbagai persiapan konektivitas agar pelanggan dapat berkomunikasi dan menikmati hiburan yang nyaman," paparnya dalam rilis tertulis yang diterima RMOLJateng, Senin (23/12).
Untuk memastikan jaringan stabil selama momen liburan, Indosat telah mengoptimalkan layanannya melalui dukungan Digital Intelligence Operations Center (DIOC).
Dimana DIOC berfungsi untuk memonitor dan menjaga performa jaringan secara real-time, memastikan pengalaman digital yang mengesankan bagi pelanggan setiap hari selama 24 jam penuh.
Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 33% dibandingkan rata-rata harian untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama Nataru 2024/2025.
Pengalaman sebelumnya trafik diproyeksikan meningkat seiring tingginya penggunaan aplikasi populer seperti WhatsApp, TikTok, Instagram, Facebook, dan YouTube, serta game online seperti Mobile Legends, Roblox, dan PUBG.
"Kenaikan trafik data terbesar diprediksi terjadi di wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jabotabek, Jawa non-Jabotabek, dan Bali Nusra, yang menjadi destinasi favorit masyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru," bebernya.
Indosat juga melakukan optimalisasi kapasitas jaringan pada 1610 BTS yang tersebar di Jawa Tengah, Khususnya di area destinasi wisata.
Di wilayah Jawa Tengah proyeksi lonjakan trafik data akan meningkat sekitar 13.97%, yang diperkirakan paling tinggi terjadi di daerah Wonogiri, Purworejo, dan Kebumen.
Untuk mengantisipasi hal tersebut, Indosat telah mengoptimalkan 28 Point of Interest (POI) yang diperkirakan akan mengalami peningkatan aktivitas masyarakat di masa libur perayaan Natal dan Tahun Baru, seperti diantaranya Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Wisata Air Panas Guci, Kawasan Wisata Tawangmangu.
Bandar Udara Ahmad Yani, Bandar Udara Adisumarmo Solo, Kota Tua Semarang, Simpang Lima, Rest Area KM 287 dan KM 360, hingga Stasiun Semarang Tawang.
Optimalisasi ini mencakup penguatan kapasitas dan performa jaringan di 1610 BTS dan menyiagakan 5 unit Mobile Based Transmission Station (MBTS) yakni di Pekalongan, Rest Area Batang, Brebes, Kudus, dan Jepara.
Selain penguatan jaringan, Indosat juga mengaktifkan Command Center selama 24 jam yang terletak di Gombel dan akan beroperasi mulai 24 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025, didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning) dan otomasi.
"Teknologi ini digunakan untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara berkala di masa liburan Nataru," pungkasnya.
- Hari ke-4 OKC 2025, Gerbang Tol Kalikangkung Mulai Dipadati Pemudik
- Cari Air Bersih, Pemprov Jateng Gandeng Undip Ciptakan Desalinasi Air
- Kapolda Jateng Cek Kesiapan Terminal Mangkang Jelang Puncak Arus Mudik