Ombudsman RI bersama DPR RI menjaring keluhan dan aspirasi masyarakat terkait pelayanan publik yang seringkali dikeluhkan masyarakat. Acara ini digelar di Bale Pari, Bejen Karanganyar, Jumat (14/7) malam.
Dengan menghadirkan anggota Ombudsman RI Robert Na Endi Jaweng, Kepala Perwakilan Ombudsman Siti Farida dan Anggota Komisi II DPR RI Paryono.
"Kehadiran kami disini untuk menjaring aduan dan laporan langsung dari masyarakat khususnya yang berdomisili Karanganyar," jelas Robert Na Endi Jaweng.
Diharapakan kegiatan ini bisa untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik. Agar dapat membantu memperbaiki pelayanan publik yang ada.
"Jika ada keluhan dari masyarakat, langsung saja mengakses ke nomor whatsapp, surel, maupun datang langsung ke kantor cabang Ombudsman sesuai wilayah kerja," ujarnya lebih lanjut.
Ombudsman memerlukan kerjasama untuk bisa mengawasi pelayanan publik perlu peran serta dari masyarakat karena memiliki keterbatasan sehingga perlu kerja bersama berbagai pihak. Pepatah diam itu emas tidak berlaku di Ombusmand.
"Diam itu tidak emas, jika sudah menyangkut pemenuhan hak jika tidak mendapatkan layanan optimal. Sampaikan ke keluhan itu ke media sosial, media publik atau telepon ombusman. Itulah cara kami mengetahui ada masalah. Tanpa itu kami juga ada keterbatasn untuk menjangkau permasalahan dari masyarakat," tandasnya.
Anggota Komisi II DPR, Paryono mendorong agar keberadaan Ombudsman makin dikenal di masyarakat. Sehingga masyarakat mengetahui kemana harus mengadukan permasalahan layanan publik yang belum optimal.
"Selama ini banyak keluhan masyarakat terkait pelayanan publik yang belum tertampung karena ketidaktahuan kemana dan kepada siapa aduan itu disampaikan," jelas politisi PDIP ini.
Oleh karena itu langkah ombudsman merangkul tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat bahkan media sangat tepat. Untuk menjaring semua informasi terkait layanan publik pemerintah yang tidak maksimal dan sering mendapat keluhan dari masyarakat.
"Kegiatan ini sangat penting diselenggarakan agar masyarakat bisa mengenal lebih dekat Ombudsman RI dan mempermudah untuk melakukan pengaduan," pungkas Paryono.
- Ombudsman : Polri Sudah Buka Diri Kasus Brigadir J
- Sinergi Kelembagaan, Ombudsman Jateng Minta Pengaduan Masyarakat Direspon Cepat Polisi