Tanpa Tatap Muka, Dindukcapil Batang Layani Warga Lewat Digital

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Batang menerapkan pelayanan tanpa tatap muka.


Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Batang menerapkan pelayanan tanpa tatap muka.

Kepala Dindukcapil Batang, Abdul Rahman mengatakan, menyediakan dua meja untuk customer service digital.

"Warga akan dilayani melalui komputer yang dilengkapi dengan kamera serta microphone untuk berkomunikasi dengan petugas di dalam," katanya di kantornya, Rabu (18/11).

Lalu, ketika dokumen sudah lengkap, warga bisa menumpuk dokumen dan ada petugas yang mengambilnya.

Dodi, sapaan akrabnya, layanan itu untuk meminimalisir kontak langsung antara warga dengan petugas.

"Harapannya bisa menghambat penyebaran Covid-19," jelasnya.

Pantauan RMOL Jateng, ada warga yang berkomunikasi melalui komputer yang disediakan.

Hidayat (25) warga Kecamatan Batang sedang mengurus pengaktifan E-KTP.

Ia berkonsultasi melalui customer service digital dan dibimbing petugas melalui video call.

"Ya saya maklum sih, cuma kayaknya perlu ada penjelasan alur pelayanan sejak dari depan. Kalau anak muda sih paham, kalau orangtua belum tentu," jelasnya.