Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Batang menerapkan pelayanan tanpa tatap muka.
- 3.600 Ketua RT di Batang Dapat Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan
- Kekeringan Ekstrim, Polda Jateng Imbau Para Pendaki Gunung Tak Sembarangan Menyalakan Api
- Kodim 0716/Demak Salurkan Bantuan Kepada Ratusan PKL dan Nelayan
Baca Juga
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Batang menerapkan pelayanan tanpa tatap muka.
Kepala Dindukcapil Batang, Abdul Rahman mengatakan, menyediakan dua meja untuk customer service digital.
"Warga akan dilayani melalui komputer yang dilengkapi dengan kamera serta microphone untuk berkomunikasi dengan petugas di dalam," katanya di kantornya, Rabu (18/11).
Lalu, ketika dokumen sudah lengkap, warga bisa menumpuk dokumen dan ada petugas yang mengambilnya.
Dodi, sapaan akrabnya, layanan itu untuk meminimalisir kontak langsung antara warga dengan petugas.
"Harapannya bisa menghambat penyebaran Covid-19," jelasnya.
Pantauan RMOL Jateng, ada warga yang berkomunikasi melalui komputer yang disediakan.
Hidayat (25) warga Kecamatan Batang sedang mengurus pengaktifan E-KTP.
Ia berkonsultasi melalui customer service digital dan dibimbing petugas melalui video call.
"Ya saya maklum sih, cuma kayaknya perlu ada penjelasan alur pelayanan sejak dari depan. Kalau anak muda sih paham, kalau orangtua belum tentu," jelasnya.
- Walikota Solo : Serbuan Vaksinasi Bantu Percepat Terbentuknya Herd Immunity
- Dua Bulan Disiapkan, GKMI Kalirejo Bersiap Sambut Perayaan Natal
- DLH Bentuk Bank Sampah Khusus OPD, Tiap Instansi Dapat Rekening