Hotel Ciputra Jadi Etalase UMKM Berkelas di Kota Semarang

Hotel Ciputra Semarang mengambil peran untuk berkolaborasi dengan UMKM. Tujuannya untuk mengenalkan produk asli Semarang dan mendongkrak sisi perekonomian pelaku UMKM.


General Manager Hotel Ciputra Semarang, Erny Kusmastuti mengungkapkan, hari jadi ke 26 tahun tidak hanya berfokus pada profit bisnis melainkan berpengaruh terhadap lingkungan.

Salah satunya mendukung UMKM naik kelas dengan cara mengadakan pameran produk UMKM selama satu bulan penuh di sudut lobi hotel.

Dalam sudut ruangan pameran UMKM yang diadakan mulai tanggal 1-31 Desember 2021, ada 5-10 produk UMKM yang akan mengisi pameran. 

"Kita gratiskan, sama sekali tidak bayar, namun memang sangat terbatas yang bisa masuk ke ruang pameran kita, karena lokasinya juga terbatas. Tapi paling tidak ada produk pelaku UMKM yang nongkrong di tempat kita, dan memang selama ini  banyak juga tamu hotel yang ingin tahu tentang produk asli Semarang," kata Erny saat konferensi pers di Puri Suite Hotel Ciputra Semarang, Senin (6/12).

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi mengharapkan bisa meningkatkan produk sehingga layak bersaing untuk memajang produk di hotel bintang lima ini.

Dia memaparkan ada 28 ribu UMKM yang terdaftar di Pemerintah Kota Semarang melalui Gerai Kopimi. 

“Kita harus buang stigma tentang UMKM itu adalah kelas bawah, dari sini kita bisa tunjukkan kalau UMKM juga bisa naik kelas, dan memiliki produk yang tidak kalah bagus dengan perusahaan besar," tutur Tia.

Dia mengharapkan, semua hotel di Kota Semarang bisa melakukan hal yang sama.