Menteri Teten Masduki: Kekuatan Ekonomi Digital Selama Pandemi Capai Rp640 Triliun

Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengatakan, kekuatan ekonomi digital selama pandemi nilainya mencapai Rp. 640 triliun. Bahkan diprediksi Tahun 2025 nanti Indonesia ekonomi digitalnya diprediksi terbesar di Asia Tenggara sebesar Rp. 1700 triliun.


"Keberadaan swasta dalam pengembangan UMKM akan lebih menumbuhkan industri UMKM lebih cepat. Sesuai survei 70 % anak muda berminat menjadi wirausahawan. Ini pasar yang besar," kata Teten, saat meresmikan Shopee Solo Creative dan Innovation Hub serta Gaming & Community Hub di Solo Technopark, Senin (6/12/2021) sore.

Dijelaskan Teten, Pemerintah Pusat ke depan bakal mengembangkan wirausaha by design dengan wirausaha muda berbasis kreativitas dan inovasi ekonomi supaya UMKM Indonesia memiliki daya saing yang tinggi di pasar domestik maupun pasar global.

Jumlah wirausaha muda akan ditambah yang saat ini masih 3,47 %, dan pada 2024 ditargetkan 3,95 %. 

“Untuk menjadi negara maju, wirausaha muda minimum berjumlah 4 % dari seluruh wirausaha yang ada,” katanya.

Teten mengajak Marketplace yang ada untuk mengoptimalkan creative dan innovation hub untuk mengakomodasi anak – anak muda di Solo untuk menjadi wirausaha muda yang unggul. 

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming menyebut, peresmian Kantor Shopee merupakan kemajuan yang sangat bagus karena semakin banyak peran swasta dalam pengembangan UMKM dan startup untuk para pebisnis pemula di Solo.

“Luar biasa sekali Kantor Shopee di Solo Technopark. Beberapa bulan lalu, Menteri Pendidikan Pak Nadiem Makarim meresmikan office Gojek dan Tokopedia dan beberapa bulan lalu pak Teten juga hadir, hari ini berkenan juga membuka Kantor Shopee di Technopark. Targetnya UMKM Solo harus naik kelas,” Ujar Gibran.

Disebutkan Handhika Jahja Direktur Shopee Indonesia, pertama kali di Indonesia, di Solo Technopark menjadi center dari ekonomi digital yang ada di Indonesia. 

“Awal tahun 2021, kami minta ijin untuk membuka kantor kami di Solo. Dan Walikota menawarkan untuk menggunakan Solo Technopark sebagai lokasi. Dan hari ini kita wujudkan kerjasama dengan membuka Garena sebagai gaming hub dan shopee sebagai creative dan innovation hub,” jelas Handika.

Ekosistem yang telah terbangun dihadirkan Shopee Indonesia secara gratis yang diharapkan melahirkan generasi muda baru yang menggunakan bakat dan minatnya untuk berinovasi dan berkolaborasi. Untuk mengembangkan industri entertainment khususnya games dan generasi muda wirausaha yang menjadi titik tumbuh pemulihan dan pengembangan ekonomi khususnya ekonomi digital.

Selain itu juga membuka jejaring, berbagai agenda bertajuk pengembangan bisnis/personal turut diselenggarakan di fasilitas tersebut. 

Kehadirannya cukup relevan, seiring adanya tren pengembangan UKM atau startup, khususnya di kalangan muda.

Ditinjau dari bentuknya, di Indonesia ada beberapa jenis creative hub yang tersebar di berbagai kota. Di antaranya direpresentasikan dalam coworking space, pusat pelatihan, inkubasi, hingga sistem informasi (virtual). 

Adapun layanannya mencakup ruang kerja, studio, ruang rapat, dll yang dilengkapi dengan fasilitas seperti konektivitas internet, program konsultasi, hingga dukungan bisnis lainnya.

Merangkai acara peresmian fasilitas terbaru di Solo Technopark tersebut, banyak kegiatan seru lain, seperti game Free Fire competition, graffiti corner, dance competition, band performance, serta berbagai bazaar kuliner dan UMKM kota Solo.