Pj Wali Kota Salatiga Mengimbau Pelayan Publik Tidak Bersifat Defensif

Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi memberikan pengarahan  tentang layanan di RSUD Salatiga di Lantai 4 Gedung Setda Kota Salatiga, Senin (12/6). RMOL Jateng
Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi memberikan pengarahan tentang layanan di RSUD Salatiga di Lantai 4 Gedung Setda Kota Salatiga, Senin (12/6). RMOL Jateng

Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi meminta pelayan publik tidak bersifat defensif (pertahanan diri/ enggan mengakui kesalahan).


"Artinya, jangan mencari pembenaran diri," kata Sinoeng usai Forum Konsultasi Publik dalam acara Sarasehan Bersama Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama tentang Layanan di RSUD Salatiga di Lantai 4 Gedung Setda Kota Salatiga, Senin (12/6). 

Ia mengimbau, agar pelayan publik tidak segan menggunakan kanal-kanal komunikasi dan melibatkan jurnalis sebagai mata dan telinga publik. 

"Sampaikan pertama adalah maaf atas ketidaknyamanan, atas kurangnya pelayanan. Sehingga dalam kondisi ini efektif," paparnya. 

Dia melanjutkan, perlu ada forum terbuka dilakukan periodesasi. Masyarakat ingin menyampaikan keluhan atau pendapat tidak perlu takut menyampaikan. 

"Dan yang terakhir, birokrasi kekinian dan masa depan bukan malaikat yang selalu benar dalam segala hal dan setiap saat. Birokrasi kekinian juga bukan setan yang selalu salah akan tidak tapi kita adalah orang pemberani manusia yang selalu belajar dari kesalahan dan diberikan kesempatan," terang dia.