Raksasa Teknologi China Dan AS Berebut Pasar Indonesia

Indonesia ternyata telah ikut menjadi arena persaingan antara China dan Amerika Serikat (AS) dalam sektor teknologi.


Indonesia ternyata telah ikut menjadi arena persaingan antara China dan Amerika Serikat (AS) dalam sektor teknologi.

Dikutip dari Kantor Berita RMOL, pasar Indonesia yang berkembang pesat menjadi peluang besar bagi raksasa teknologi kedua negara itu untuk ikut berinvestasi pada Unicorn lokal.
"Indonesia, secara khusus, adalah populasi internet terbesar keempat di dunia, memiliki banyak perusahaan rintisan teknologi yang menarik," ucap wakil presiden Lightspeed Venture Partners di Singapura, Pinn Lawjindakul kepada South China Morning Post pada Senin (30/11).

Lawjindakul menjelaskan, pentingnya Indonesia bagi pasar internet global membuat banyak perusahaan teknologi internasional berinvestasi.

"Ini adalah waktu yang sangat menyenangkan bagi para pendiri dan investor di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara secara keseluruhan," lanjut dia.

Data dari Bank Dunia menunjukkan, jumlah penduduk Indonesia yang memiliki akses internet terus meroket setiap tahunnya.

Pada 2017 dan 2018, sebanyak 32,2 persen dan 39,9 persen dari total populasi Indonesia memiliki akses internet. Sementara pada 2019 melonjak hingga 47,7 persen.

Perusahaan teknologi AS seperti Uber sudah menjual semua asetnya di Asia Tenggara kepada Grab pada 2018. Sebagai gantinya, Uber mendapat 27,5% saham di perusahaan tersebut.

Baru-baru ini, 3 November, Microsoft mengumumkan kemitraan strategis†dengan platform e-commerce Bukalapak dalam membangun infrastruktur cloud untuk mendukung layanan Bukalapak untuk lebih dari 12 juta UMKM dan 100 juta pelanggan.