Bangun Citra Positif dan Layanan Prima, Strategi Jitu Dilakukan UMKU

Ratusan peserta pelatihan strategi komunikasi meliputi dosen, mahasiswa, serta staf administrasi Umku berkomitmen membangun citra positif kampus.
Ratusan peserta pelatihan strategi komunikasi meliputi dosen, mahasiswa, serta staf administrasi Umku berkomitmen membangun citra positif kampus.

Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) menyelenggarakan pelatihan bertajuk ‘Effective Communicationn Stategies for University Branding’. Langkah itu dilakukan untuk membangun pelayanan prima dan citra positif bagi kampus setempat.


Pelatihan yang melibatkan 210 peserta meliputi dosen, mahasiswa, serta staf administrasi ini, dilangsungkan di ruang serbaguna kampus setempat, Selasa (16/7).

Rektor UMKU Dr. Edy Susanto mengatakan, pelayanan prima dan citra positif kampus tidak hanya sebagai respons terhadap kebutuhan administratif dan akademis mahasiswa atau calon mahasiswa saja.

“Namun juga merupakan elemen kunci dalam membentuk pengalaman belajar yang positif dan memperkuat reputasi institusi, karena itu kita menghadirkan pakar Komunikasi dan Branding Pak Rohani, MA,” ujar Edy Soesanto

Menurut Edy, manajeman kampus setempat bersiap meningkatkan sumber daya manusia untuk memberikan visibilitas pelayanan dan marketing yang efektif.

Dengan digelarnya pelatihan itu, kata Edi, UMKU diharapkan dapat menciptakan lingkungan akademik yang komunikatif dan memiliki brand yang kuat.

"Kami terus mengadakan pelatihan seperti ini untuk mendukung pengembangan diri seluruh sivitas akademika UMKU," tukas Edy.

Di lain pihak, para peserta pun antusias mengikuti pelatihan itu. Mereka tidak hanya mendapatkan teori, namun mendapat praktik langsung melalui berbagai simulasi dan studi kasus.

Salah seorang peserta, Anis Nafilah, selaku staf admisi UMKU mengaku terbantu dengan ilmu dari pelatihan tersebut. Ia lebih paham bagaimana cara menyampaikan ide, membangun personal branding yang baik, kiat komunikasi efektif untuk memberikan pelayanan yang baik.

Pelatihan dipungkasi dengan sesi foto bersama dan bersepakat komitmen simbolik melalui tanda tangan wujudkan pelayanan prima di papan. UMKU berkomitmen terus mendukung pengembangan kompetensi para dosen, mahasiswa, dan stafnya melalui berbagai kegiatan.