Eks Pekerja Migran Dibekali Pelatihan IT

Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Komunikasi dan Informatika Yogyakarta menggelar program pelatihan Thematic Academy IT (Informasi dan Teknologi) untuk eks pekerja migran.


Pelatihan akan berlangsung selama empat hari mulai Senin (8/11) di Cilacap. Peserta pelatihan sebanyak 60 orang eks Pekerja Migran, pelaku UKM, dan perintis usaha pemanfaat digital asal Kabupaten Cilacap.

Kepala BPSDMP Kominfo Yogyakarta, Zulkarnain menjelaskan, pelatihan bertujuan untuk menyiapkan pengusaha tangguh yang memanfaatkan platform digital. 

"Juga melatih peserta dalam mengembangkan proses bisnisnya melalui digitalisasi kelembagaan dan manajemen keuangan, pemasaran, serta inovasi produk secara digital," kata Zulkarnain.

Kepala Badan Litbang SDM Kominfo, Hary Budiarto menerangkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya mendorong inovasi produk dan pemanfaatan teknologi digital untuk pengembangan usaha produktif oleh eks pekerja migran. Targetnya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan eks pekerja migran.

"Program ini sebagai upaya mendorong dan membekali peserta untuk menjadi wirausahawan yang memiliki ide ide dalam menjalankan bisnis agar memiliki keterampilan untuk masuk dan menerapkan bisnis digital dengan teknologi informasi," kata Hary secara virtual, Senin (8/11). 

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berharap, eks pekerja migran dapat memanfaatkan pelatihan dengan baik. Sehingga materi yang didapatkan semakin melengkapi kompetensi para eks pekerja migran. 

"Pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi, bukan hanya teori. Jadi thematic academy ini menggabungkan keterampilan dengan manajemen pengelolaan bisnis," tegas Bupati.

Program pelatihan akan dilaksanakan sebanyak 32 jam pelajaran selama empat hari. Peserta mendapat materi mengenai dasar pengelolaan keuangan, aplikasi pengelolaan keuangan, dasar dasar digital marketing, akses modal, pengetahuan dan manfaat serta pentingnya pencatatan keuangan dalam bisnis, serta cara menaikkan kelas bisnis.