Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Purbalingga secara konsisten meningkat dibandingkan tahun 2022.
- Tanggapi Hoax Menara Masjid Sriwedari Ambruk, Gibran: Rung Tau Ndelok Awan Mlaku
- 'Instagramers' Berburu Spot Foto di Rumah Rakyat
- Plt Wali Kota Siap Lanjutkan Program Prioritas di Kota Semarang
Baca Juga
Hal itu tercermin dari hasil survei terbaru PT Navigator Strategi Indonesia, sebanyak 83,80 persen masyarakat merasa puas dengan kinerja pemerintahan saat ini.
Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) merupakan kegiatan pengukuran secara komperehensif berupa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik.
Hal ini disampaikan DR Barid Hardiyanto peneliti Navigator Strategi Indonesia saat kegiatan sosialisasi hasil survei SKM Kabupaten Purbalingga di Ruang Rapat Ardilawet Gedung B Setda Purbalingga, Kamis (8/6).
"Nilai SKM Pemerintah Kabupaten Purbalingga Tahun 2023 menunjukan tren peningkatan dari 82,04 menjadi 83,80 naik sebesar 1,76. Semua unsur pelayanan publik mengalami kenaikan," katanya.
Jika merujuk Permenpan nomor 14 tahun 2017, nilai interval konversi dari 76,61-88,30 menunjukkan kinerja pelayanan publik di Kabupaten Purbalingga dalam kategori baik.
Dia menjelaskan, dalam menilai kepuasan publik terdapat sembilan indikator. Diantaranya mengukur kinerja unit penyelenggara pelayanan publik yaitu, penilaian tentang persyaratan mendapatkan layanan, prosedur pelayanan, waktu pelayanan, biaya pelayanan, kesesuaian antara layanan yang dijanjikan dan yang didapatkan, kompetensi petugas yang memberikan layanan, sikap petugas dalam memberikan pelayanan, respon instansi terhadap masukan dan kritikan dari masyarakat dan kenyamanan ruang layanan.
Asisten Administrasi Umum Sekda Purbalingga, Budi Susetyono menyampaikan, pelaksanaan SKM bertujuan mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.
"Ini akan menjadi acuan bagi kita untuk lebih meningkatkan lagi mutu dan kualitas pelayanan kita kepada masyarakat, bagaimana kita berinovasi agar pelayanan bisa lebih cepat, bisa lebih mudah dan tentunya bisa lebih murah," pungkasnya.
- Kagama 4 x 4 Adventure Sumbang Peti Mati untuk Pemkab Banyumas
- Salatiga Terima Vaksin PMK untuk Ribuan Ternak
- TMMD Reguler Ke-123 Di Kesadikan Hadirkan Pelayanan Masyarakat