Masyarakat pengguna layanan Call Center 112 Kabupaten Magelang dalam kurun waktu 3 tahun terkahir mengalami peningkatan yang cukup signifikan..Apalagi saat musim penghujan, banyak laporan masuk tentang berbagai kejadian.
- Wali Kota Semarang Dikukuhkan Sebagai Bunda Literasi oleh Perpustakaan Nasional
- Dua Tahun, Banjir Rob di Desa Morodemak Kian Mengkhawatirkan
- Bocah Ditemukan Meninggal Sehari Setelah Terseret Sungai Gobak
Baca Juga
"Seperti pohon tumbang, listrik padam, bencana tanah longsor dan permintaan mobil ambulance untuk kecelakaan," kata Kabid Statistik dan Persandian pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magelang, Siti Darojah, Selasa (25/01/2022).
Selain itu, Call Center 112 saat ini telah menambahkan layanan informasi terkait kondisi lalulintas dan cuaca melalui pantauan CCTV yang disiarkan tiga kali dalam sehari dari Radio Gemilang FM.
"Masyarakat yang menghubungi Call Center 112 saat ini bisa mencapai tiga sampai lima laporan setiap hari," tutur Siti Darojah.
Dia menyebut berbagai laporan yang masuk pada periode Agustus-Oktober 2022. Di antaranya, kasus kecelakaan 20 insiden, pengaduan PLN (12), sertifikat vaksin Covid-19 (4), evakuasi hewan liar sepeti sarang tawon (3), penerangan jalan umum (3), pengaduan PDAM (2), dan penipuan sebanyak (2).
Tahun ini, pihaknya sedang menggiatkan sosialisasi pelayanan Call Center 112 hingga ke desa-desa. Selama November, ada 15 titik yang akan disosialisasi tentang pemanfaatan Call Center 112.
"Masyarakat sangat antusias dalam pemanfaatan layanan 112, karena cukup mudah mengingat tiga nomer itu. Kita ingin semua kedaruratan bisa ditampung di 112 dan kita distribusikan," katanya.
Meski demikian, pelayanan Call Center 112 ini masih memiliki kendala terkait tersedianya 'sinyal' untuk komunikasi. Contoh di wilayah Kecamatan Salaman operator XL masih belum bisa.
"Jadi tidak semua operator per wilayah itu, bisa connect ke kita, kadang tidak semua bisa," jelasnya.
Terkait problem itu, Diskominfo telah melakukan komunikasi dengan vendor 112 agar operator seluler tersebut agar menambah tower dan sebagainya demi memperkuat sinyal operator terkait.
Untuk diketahui, layanan Call Center 112 Kabupaten Magelang sendiri merupakan layanan masyarakat yang menangani segala laporan kegawatdaruratan.
Masyarakat tinggal menelepon atau menghubungi nomor 112 secara gratis baik menggunakan telepon rumah maupun seluler, serta dari operator apa saja tanpa menggunakan kode area. (*)
Ket foto : Staf Operator Call Center 112 Kabupaten Magelang tengah bertugas melayani masyarakat.
- Ambulans DSH Klaten Kecelakaan di Tol Batang-Semarang, Satu Orang Meninggal
- Persiapkan Tradisi Bus Tawaf Saat Pemberangkatan Calhaj Demak
- Pemkot Solo Terima 100 Unit Konsentrator Oksigen Dari Djarum Foundation