Sejumlah Merek Otomotif Targetkan Peningkatan Penjualan di Awal Ramadhan

Sembilan merek mobil dan sepeda motor ambil bagian dalam ajang Semarang Auto (Sauto) Expo diharapkan mampu mendongkrak penjualan otomotif di awal Ramadhan tahun ini di wilayah Kota Semarang dan sekitarnya.


"Tahun ini akan digelar dua kali pameran dalam setahun melihat situasi semakin membaik," kata Ketua Pameran SAUTO Expo Semarang, Dian Citra Lestari, Minggu (3/4). 

Dia memprediksi, momen Lebaran dan Ramadhan mampu mendongkrak penjualan. Pameran tersebut berlangsung mulai 2-13 April 2022 diikuti Hyundai, Suzuki, Toyota, Daihatsu, Honda, Mistubishi, Wuling, Kia dan Honda Motor. Sedangkan, satu perusahaan pembiayaan yakni Mandiri Tunas Finance turut berpartisipasi. 

"Trend setiap bulan pada momen Ramadhan dan Lebaran, konsumen akan mengganti kendaraan lama dengan baru. Masing-masing dealer menargetkan 20 unit terjual selama pameran berlangsung," terang dia.  

Sales Supervisor Honda Gajah Mada Semarang, Vendres mengatakan, penjualan sudah terlihat membaik sejak akhir tahun 2021. Oleh sebab itu, dia pun optimis pasar otomotif kembali membaik. Dealer tersebut akan memamerkan dua unit yatiu HRV dan BRV. 

"Untuk unit All new HRV sudah mulai banyak konsumen inden. Penjualan mulai meningkat dibandingkan Desember lalu hanya terjual di bawah 100 unit, sedangkan Januari mulai meningkat di atas 100 unit," kata dia. 

Branch Manager Mitshubisi SUN Motor MT Haryono, Aang Sitomang menargetkan, sekitar 20-22 unit dapat terjual dalam kurun waktu 11 hari tersebut. Keoptimisan tersebut karena memiliki banyak penawaran menarik mulai bunga 0%, hadiah langsung hingga asuransi. 

"Kebijakan pemerintah mencabut penerapan bebas PPN BM (Pajak Penjualan Barang Mewah) akan diganti pemberian diskon sehingga konsumen tidak perlu khawatir. Momen hari raya keagamaan seperti Lebaran, Natal dan Tahun Baru diperkirakan penjualan meningkat," papar dia.