BPJS Kesehatan Cabang Semarang tetap melaksanakan pelayanan tatap muka dengan jam operasional yang lebih singkat, yaitu dimulai pukul 08.00 sampai dengan 14.00 setiap hari Senin sampai Jumat.
- Mulai Februari, Warga Rembang Bisa Nikmati Pemeriksaan Kesehatan Gratis
- 100 Warga Periksa Pendengaran Gratis di RSUD Kalisari Batang
- Cegah Stunting, Pemkab Batang Timbang Belasan Ribu Balita Secara Serentak
Baca Juga
BPJS Kesehatan Cabang Semarang tetap melaksanakan pelayanan tatap muka dengan jam operasional yang lebih singkat, yaitu dimulai pukul 08.00 sampai dengan 14.00 setiap hari Senin sampai Jumat.
Terbatasnya waktu pelayanan tersebut tidak menyurutkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS.
"Bukan berarti kita memberikan pelayanan dengan seadanya karena buru-buru untuk menyelesaikan secara cepat,†ungkap Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Agung Dwi Handoko, Selasa (27/4).
Selain tatap muka, BPJS Kesehatan juga menggenjot pelayanan digital melalui Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (Pandawa).
Melalui Pandawa, peserta dapat mengurus administrasi pendaftaran dan penambahan peserta baru dan bayi baru lahir, perubahan segmen kepesertaan, data identitas peserta, data golongan dan gaji peserta, penggantian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), pengaktifan kembali peserta, perbaikan data PBI, serta penonaktifan peserta meninggal dengan sesuai jam operasional melalui WhatsApp di nomor 081229456210.
Cakupan pelayanan Pandawa BPJS Kesehatan Cabang Semarang meliputi Kota Semarang dan Kabupaten Demak. Bagi wilayah lain, peserta dapat menghubungi kantor BPJS Kesehatan cabang terdekat, atau peserta dapat mencatat nomor Pandawa di setiap kantor cabang di wilayahnya.
"Pelayanan kepesertaan melalui Pandawa ini sudah kami jalankan sejak awal pandemi, dan di bulan Ramadhan ini kami ingin memberikan kemudahan pelayanan peserta JKN-KIS. Peserta bisa dapat beribadah dengan tenang, dan kartu JKN-KISnya tetap dapat digunakan,†tutur Agung.
Peserta JKN-KIS, kata Agung, juga dapat mengakses fitur pelayanan peserta melalui Chat Assistant JKN (Chika) di nomor WhatsApp 08118750400, Telegram, Voice Interactive JKN (Vika) melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk memperoleh informasi dan melakukan pengaduan apabila ada kendala pada kartu JKN-KIS.
Meski dialihkannya berbagai pelayanan kepesertaan melalui gawai, selama bulan Ramadhan peserta bisa tetap berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus kepesertaan JKN-KIS.
"Bagi peserta JKN-KIS yang langsung datang ke kantor tidak perlu khawatir, karena BPJS Kesehatan Cabang Semarang mengutamakan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,†imbuhnya.
Wahyuni (44), warga Semarang dari segmen peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) mengungkapkan, dirinya merasa puas saat mendapat pelayanan di kantor BPJS Kesehatan Cabang Semarang, walau di saat pandemi.
"Pada saat pelayanan kantor terasa lengang, mungkin juga karena bulan puasa sehingga masyarakat lebih banyak di rumah. Tadi diinfokan juga kalau mengurus JKN-KIS bisa melalui Whatsapp ataupun memakai aplikasi Mobile JKN. Menurut saya cukup membantu terutama saat pandemi ini,†kata Wahyuni. [sth]
- Akselerasi Capaian UHC, BPJS Kesehatan Luncurkan Program Pesiar
- Gandeng SPBK dan Perdami Jabar, Sido Muncul Gelar Operasi Katarak Gratis
- Kota Semarang Jadi Percontohan Kasus Stunting Turun