Tunaiku Sukses Bidik Masyarakat Sulit Akses Perbankan

Tunaiku, layanan Financial Technology (fintech) dari Amar Bank sukses membidik masyarakat Indonesia yang tidak terakses oleh layanan perbankan.


Managing Director Amar Bank, Vishal Tulsian mengatakan, penduduk Indonesia yang berjumlah 250 juta orang, hanya sekitar 40 juta orang yang terlayani atau punya akses ke perbankan.

Tunaiku, katanya, membuat mereka yang unbankable menjadi lebih mudah mengakses layanan keuangan melalui teknologi.

"Sejak hadir pada 2014 sampai saat, Tunaiku mengalami perkembangan yang sangat cepat. Jumlah penyaluran kredit meningkat dengan cepat dari Rp200 miliar tumbuh menjadi Rp1 triliun," katanya.

Dia mengatakan, 1 juta orang lebih telah mengunduh aplikasi tersebur dan jumlah nasabah yang mencapai lebih dari 200 ribu orang memperlihatkan pertumbuhan yang siginifikan.

Sebagian besar dana pinjaman yang disalurkan Tunaiku digunakan oleh penerima pinjaman untuk membiayai kebutuhan sehari-hari yang mendesak, seperti, pengobatan ke rumah sakit.

Sekarang, lebih banyak dari mereka meminjam untuk merenovasi rumah, modal usaha mikro, dan pendidikan.

Ke depan, kata dia, Tunaiku diharapkan dapat menjangkau segmen yang lebih luas, meningkatkan maksimum jumlah pinjaman, serta menjangkau lebih banyak pengusaha bisnis mikro.