Anak-anak dan Perempuan adalah Segmentasi Paling Potensial Berwirausaha

Anak-anak dan perempuan adalah segmentasi yang paling potensial dalam wirausaha.


Hal ini disampaikan Penjabat Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi saat menjadi pemateri dan membuka Pelatihan Peningkatan Inovasi Dan Higienitas Sajian Kuliner dan Destinasi Wisata, di Hotel Le Beringin, Kamis (1/9). 

Pj Wali Kota memilih talent promosi anak-anak dan perempuan karena mereka mampu menarik minat dan menyampaikan target promosi anda tercapai. 

"Selanjutnya inovasi promosi penting, berbagai model promosi dilakukan para pengusaha, ada yang posting produk dan talent saja," kata Sinoeng. 

Namun, ujar dia, ada yang promosi dengan menampilkan proses produksi. Dan ini adalah wujud produsen ingin menunjukkan higienitas produk sehingga muncul persepsi positif konsumen. 

Ia juga menilai, kebanyakan orang dalam berwirausaha ikut-ikutan saat membuat dan menjajakan produk. 

"Alangkah lebih elok jika dalam suatu kawasan tidak ada kesamaan produk, bisa ditolerir jika produk adalah turunan atau pendukung dari produk yang ada," akunya. 

Ia mencontohkan, ada usaha ternak kambing, boleh di sekitar ada usaha yang berkaitan dengan kambing namun tidak sama. 

Produk yang dibolehkan  misal usaha susu kambing, usaha keju susu kambing ataupun usaha sabun susu kambing. 

"Ini penting karena sesuai hukum ekonomi jika produk banyak, harganya akan turun," jelasnya.

Tak dipungkiri, kendala klasik yang dihadapi pebisnis adalah sama yaitu ditipu orang, namun demikian jangan pernah patah semangat. 

Selain itu kalau ada yang minta diajari cara membuat produk jangan pelit, ajari saja namun jadikan mitra, misal diberikan jatah produksi pemasaran lewat anda. 

"Hal ini malah akan memperbesar usaha anda yang tadinya hanya mampu memproduksi sekian bisa jadi berlipat,” pesan Pj Wali Kota.